Perbandingan Android dan Blackberry

Halo Sobat,,
Kali ini saya akan berbagi info tentang Android VS Blackberry,,,Langsung Saja
Walaupun iPhone dengan iOS-nya sudah mulai mengusik dominasi Android dan BlackBerry, tetapi dengan harganya yang tergolong premium rasanya masih cukup sulit bagi iOS untuk berjaya di Indonesia. Kini kepopuleran BlackBerry mulai meredup semenjak Android banyak mengeluarkan produk dari berbagai macam device, dimulai dari handphone, merambah ke tablet, lalu sekarang merambah lagi ke pocket camera.
Meskipun posisi BlackBerry sudah mulai terancam oleh Android, tetapi pihak RIM (Research In Motion) masih tetap yakin bahwa pangsa pasar di Indonesia terhadap BlackBerry masih tinggi. Sekarang bisa Anda tengok, dari berbagai segi umur handphone BlackBerry sudah menjadi gadget yang wajib dimiliki oleh setiap orang.
Paseban akan mengangkat mengenai persaingan Android VS BlackBerry dilihat dari berbagai sisi kelebihan dan kekurangannya. Berikut ulasan yang akan Paseban berikan kepada Anda.
Operation System
Sebagai sistem operasi yang diluncurkan perdana pada 5 November 2007 berbasis Linux, Android mulai menggebrak dunia dengan segala kemudahan yang bisa didapatkan oleh para pengembang / developers untuk bisa menciptakan inovasi demi kemajuan teknologi, khususnya kemajuan di smartphone. Pembaharuan OS yang dilakukan oleh Android juga untuk peningkatan terhadap berbagai fitur yang kini bisa Anda rasakan menjadi semakin canggih. Butuh waktu 5 tahun bagi Android menjadi sistem operasi yang banyak digemari oleh semua kalangan.
BlackBerry merupakan OS yang mengedepankan layanan yang real – time bagi para penggunanya, setiap tahunnya selalu memberikan update terbaru agar bisa menyaingi kepopuleran Android dan iOS. Dengan mengusung merk dagang sendiri tanpa bekerja sama dengan vendor lain, BlackBerry pede bisa menjual perangkatnya secara global. Benar saja, dalam 3 tahun terakhir, BlackBerry menjadi dominasi dari berbagai macam sistem operasi di Indonesia. Layanan real–time yang diusungnya menjadikan BlackBerry sebagai gadget utama bagi para kalangan atas, khususnya para pebisnis.
Handset
Android memberikan tawaran kepada vendor yang ingin menjajal kemampuan OS ini, dan yang beruntung menggunakan pertama kali adalah HTC. Android mengusung gadget touchscreen untuk penggunaannya, dikarenakan penggunaan touchscreen akan memudahkan Anda untuk berselancar di dunia maya, bermain dengan berbagai fitur multimedia (games, musik, olah gambar, dll).
BlackBerry sebelum meluncurkan sebuah smartphone sudah mengusung handphone berbentuk QWERTY demi kemudahan para penggunanya untuk mengetik secara cepat menggunakan jari–jari Anda. Penggunaan trackball juga merupakan yang pertama dilakukan oleh BlackBerry, hingga akhirnya sekarang diganti menggunakan trackpad demi kemudahan untuk penggunaannya. Untuk bisa menyaingi Android, saat ini BlackBerry sudah meluncurkan versi touchscreen dan juga versi touch & type (contoh : BlackBerry Dakota).
Fitur
Untuk urusan fitur, BlackBerry memudahkan para penggunanya dalam kemudahan berkomunikasi, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. BlackBerry tidak hanya mengandalkan SMS sebagai messaging real – time-nya, messaging yang sangat popular dan diminati oleh kalangan masyarakat adalah fitur BBM. Fungsi utama dihadirkannya BBM di BlackBerry ini adalah untuk kemudahan para pebisnis dalam berkomunikasi, tetapi sekarang berubah fungsi menjadi layaknya media sosial meskipun masih ada sebagian yang menggunakannya untuk kebutuhan bisnis.
Tidak mau kalah oleh rivalnya, Android tidak mengkhususkan OS – nya hanya untuk penggunaan satu fitur, tetapi untuk berbagai macam fitur. Dimulai untuk messaging real–time, multimedia, hingga komunikasi tatap muka secara tidak langsung. Meskipun ketenaran BBM menghantui para pengguna Android, tetapi Android tidak bisa mengaku kalah terhadap BlackBerry. Banyak bermunculan developer yang memamerkan hasil karyanya dalam bidang messenger yang khusus untuk satu platform maupun lintas platform, sehingga Android bisa terhubung ke sesama Android dan juga lintas platform ke BlackBerry atau iOS.
Performa
Untuk performa, Android lebih dijagokan memiliki performa terbaik daripada Blackberry. Selain didukung oleh prosesor yang terbaru dan multi-core, Android juga memiliki grafis yang menakjubkan. Dengan dibekali oleh memori internal yang besar, ditambah lagi dengan support memori eksternal, ini sangat memanjakan bagi pengguna Android untuk melakukan apa saja yang pengguna inginkan. Bermain games, menonton film yang kini support untuk kualitas Blu-Ray, persentasi, membuat dokumen, semua bisa dilakukan di Android baik di handphone maupun tablet. Belum lagi dengan kualitas kamera yang setara dengan kamera pocket dan merekam video full HD hingga 720p membuat Anda puas dengan segala yang dimiliki oleh Android.
Sedangkan untuk Blackberry, RIM tidak berani untuk bisa membuat perangkatnya yang multifungsi seperti Android. Itu dikarenakan oleh kegagalannya terhadap produk Playbook yang diluncurkan pada kuartal ketiga di tahun 2010. Sehingga untuk bisa bertahan dibawah gerusan Android, BlackBerry meningkatkan komunikasi tak langsungnya dengan layanan real–time.
Kesimpulan
Meskipun BlackBerry sudah makin tersaingi dari berbagai bidang, tetapi tekad kuat dari RIM untuk terus berjaya dengan platform BlackBerry-nya mengindikasikan bahwa BlackBerry masih memiliki tempat di Indonesia sebagai perangkat favorit bagi masyarakat Indonesia.
Sedangkan untuk Android, demi mengembangkan lagi kemajuan perangkatnya, maka kerjasama dengan vendor lokal untuk menghasilkan ponsel Android yang murah merupakan solusi bagi Android agar OS-nya menjadi primadona di Indonesia. [PNJ]
Description: Perbandingan Android dan Blackberry
Rating: 4.5
Reviewed by: Unknown
On: 07.11
Diberdayakan oleh Blogger.
TOP