Cara Mengatasi USB Device Not Recognized


Halo sobat,,kali ini saya akan berbagi ilmu tentang Cara mengatasi flasdisk error USB Device Not Recognized - Kemarin ada teman yang bertanya bagaimana cara untuk mengatasi flashdisk yang tidak terdeteksi pada komputer. Sudah berbagai macam cara dicoba namun tetap saja flashdisk yang dihubungkan ke komputer atau laptop melalui usb device tidak mau terdeteksi dengan peringatan "USB Device Not Recognized". Sebenarnya saya juga pernah mengalami hal tersebut, padahal saat itu ada keperluan yang sangat mendesak. Setelah dicari penyebabnya akhirnya saya menemukan cara untuk mengatasi flashdisk yang tidak terdeteksi pada komputer atau laptop.

USB not recognized

Sebelumnya kita harus pastikan dulu kalau yang  rusak bukan flashdisk kita yaitu dengan cara mencobanya pada komputer maupun laptop lain. kalau di komputer lain terdeteksi berarti bukan flashdisk kita yang rusak namun USB device pada komputer kita yang bermasalah, setelah itu bisa kita coba beberapa cara untuk mengatasi flashdisk error pada komputer maupun laptop.

Restart Komputer atau Laptop

Restart komputer mungkin adalah cara yang paling mudah dan simple untuk dilakukan, dengan harapan setelah kita merestart komputer semua program akan reset dan fungsi USB device kembali seperti semula.

Gunakan System Restore

Jika langkah pertama tidak berhasil, kita bisa menggunakan system restore pada windows untuk mengembalikan system komputer kita pada keadaan sebelumnya. Untuk menggunakan system restore bisa melalui menu "Start" > "Programs" > "Accessories" > "System Tools" > "System Restore". Setelah itu tunggulah hingga proses selesai.

Lepas Battery Pada laptop atau Kabel Power Supply Pada Komputer

Sobat software pasti berpikir "Apa hubungan power supply atau battery laptop dengan USB device?" Memang terdengar agak aneh, namun bila sobat software sering bermain ke forum microsoft, banyak yang mengatakan dengan cara ini masalah USB device not recognized dapat terpecahkan. Jadi, tidak ada salahnya dicoba kan ? Oh ya, untuk laptop dalam melepas battery tunggulah hingga beberapa menit sebelum memasangkannya kembali, ini bertujuan agar sistem di dalam battery laptop dapat me-reset.

Uninstall USB Host Contoller

Untuk melakukannya bisa melalui Device Manager. Klik kanan pada "My Computer" kemudian pilih Properties setelah itu pilih Device Manager. Untuk lebih cepat bisa melalui "Run" dengan mengetikkan Devmgmt.msc setelah itu pilih Device Manager. Selanjutnya klik 2X pada "Universal Bus Controllers" yang ada di posisi bawah untuk menampilkan sub menu. Carilah yang ada tulisan "Host Controller" (jangan yang lain) kemudian klik kanan dan pilih Uninstall, lakukan satu persatu. Kemudian restart komputer, Windows akan secara otomatis menginstall ulang driver USB yang barusan kita uninstall tadi.

Bila beberapa cara untuk mengatasi USB flashdisk error Not Recognized diatas tidak berhasil, terpaksa kita serahkan pada ahlinya. Ahli di sini bukanlah orang atau teknisi komputer, melainkan dengan menggunakan program Microsoft Fixit.

Nah itulah tadi sedikit info dari saya tentang Cara Mengatasi USB Device Not Recognized...
Sekian dan terima kasih....
Description: Cara Mengatasi USB Device Not Recognized
Rating: 4.5
Reviewed by: Unknown
On: 07.52
Diberdayakan oleh Blogger.
TOP