5 Contoh Simbiosis Mutualisme

5 Contoh Simbiosis Mutualisme - Pertama-tama sebelum kita membahas tentang simbiosis mutualisme kita harus tau terlebih dahulu pengertian simbiosis. Simbiosis berasal dari bahasa Yunani yaitu sym yang berarti dengan dan biosis yang berarti kehidupan. Simbiosis merupakan interaksi antara dua organisme yang hidup berdampingan. Simbiosis merupakan pola interaksi yang sangat erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis. Simbiosis dibedakan menjadi 3 yaitu simbiosis mutualisme (saling menguntungkan), komensalisme (menguntungkan satu pihak, namun pihak lain tidak untung/rugi) dan parasitisme (menguntungkan dan merugikan salah satu pihak)

Simbiosis mutualisme merupakan pola interaksi atau hubungan antara dua organisme dengan jenis yang berbeda dimana keduanya akan mendapatkan keuntungan dari hubungan tersebut. Kita bisa mengambil banyak contoh dari simbiosis ini diantaranya:
1. Lebah dan Bunga

lebah dan bunga
Lebah dan bunga dikatakan hubungan yang saling menguntungkan adalah saat lebah menghisap sari bunga, ia akan mendapatkan makanan. Sedangkan pada bunga akan membantu proses penyerbukan yang diperlukan untuk melakukan reproduksi, lebah yang membawa serbuk sari bunga akan mencari bunga-bunga lain dan terjadilah proses penyerbukan alami.

2. Sapi dan Burung Jalak

sapi dan burung jalak
Dikatakan saling menguntungkan karena burung  jalak biasanya hinggap pada tubuh sapi dan mencari kutu untuk dimakan. Dan sapi juga otomatis diuntungkan karena kutu-kutu yang mengganggu akan berkurang karena dimakan oleh burung jalak.

3. Zebra dan Burung Oxpecker

Zebra dan Burung Oxpecker

Nama Oxpecker muncul dari kebiasaan mereka yang bertengger di mamalia besar dan tujuan mereka hinggap di binatang-binatang tersebut adalah untuk memakan kutu, botfly larva, dan parasit lainnya.

Burung oxpecker juga memberikan tanda saat ada binatang buas dengan 'jeritan' saat dia terbang. Dan zebra merupakan mangsa yang cukup banyak dicari oleh binatang-binatang buas, jadi secara tidak langsung zebra akan diuntungkan dengan keberadaan burung ini.

4. Buaya dan Burung Plover

Buaya dan Burung Plover
Burung plover dikenal dengan burung yang mempunyai pengelihatan yang tajam sehingga pandai untuk berburu mangsa. Namun ada hubungan unik antara burung ini dengan buaya. Buaya merupakan predator cukup ganas, namun tidak kepada burung plover. Walau mulutnya menganga dan burung tersebut hinggap, buaya tidak akan memakannya melainkan membiarkan burung tersebut memakan kotoran-kotoran pada giginya yang berfungsi untuk mencegah infeksi. Burung plover juga diuntungkan karena mendapat makanan.

5. Manusia dengan Bakteri Usus
Bakteri baik akan menguntungkan untuk usus manusia karena dapat memperoleh vitamin B12, sementara bakteri tersebut diuntungkan karena mendapatkan tempat hidupnya.

Itu adalah 5 contoh simbiosis mutualisme dari banyak contoh lain yang ada, jika kalian ingin menambahkan silakan melalui kotak komentar dan akan saya tambahkan pada artikel ini, terimakasih.
Description: 5 Contoh Simbiosis Mutualisme
Rating: 4.5
Reviewed by: Saka
On: 01.00
Diberdayakan oleh Blogger.
TOP