Cara Masuk Safe Mode Pada Windows 8

20121212-080841.jpg
Troubleshoot pada Windows berbasis PC mempunyai beberapa langkah. Bisa dengan mencoba System Restore jika memang diperlukan, atau bermain di lingkungan MSConfig utility atau mencoba System Recovery. Semua itu tergantung pada problem apa yg dialami PC kita. Dari semua langkah troubleshoot yang biasa kita pakai. Safe Mode mungkin salah satunya yang sering kita pakai. Booting dengan Safe Mode adalah yang harus kita coba jika menghadapi beberapa kendala jika dengan cara normal. Apalagi jika anda tidak terlalu mengerti apa yang anda lakukan dan anda bermodal nekat untuk memperbaiki PC anda. Ini telah menjadi kebiasaan para pengguna PC selama bertahun-tahun. Sebelum Windows 8, dimana Safe Mode menghilang dan ini serupa dengan wireless ad-hoc connection yang juga menghilang di Windows 8, sebenarnya ini tidak benar-benar menghilang, karena ini biasanya terletak di start up mode, dan sekarang diletakkan lebih ke dalam dan membutuhkan beberapa langkah untuk mengaktifkannya. Sesuai judul, saya akan memberikan panduan bagaimana cara booting PC Windows 8 ke dalam Safe Mode.
Ada 2 pilihan untuk mendapatkan Safe Mode di Windows 8. Pilihan pertama kita akan mempunyai PC yang bisa boot normal, sehingga lebih mudah untuk masuk ke Safe Mode, atau Anda akan memiliki PC yang gagal reboot dalam mode normal, di mana Anda harus bergantung pada Recovery Console Windows 8 untuk mendapatkan mode yg kita inginkan.
Booting Ke Safe Mode Ketika Windows Berjalan Normal
Pada kasus ini, yang perlu kita lakukan adalah membuat beberapa perubahan melalui MSConfig utility, dan saat booting PC akan menyala dan berjalan pada Safe Mode.
Step 1: Tekan Win+R untuk menjalankan Run dialog. Ketik “msconfig” (tanpa tanda kutip) dan jalankan utility.
Step 2: Di tab Boot, centang Safe boot, diikuti dengan menulis Safe Mode yang akan kita tuju. Tekan ApplyIMG_0123
Hanya itu – saat reboot, PC akan hidup di Safe Mode.
Yang tidak disebutkan pada point ini, pada kenyataannya dengan setting ini, sistem akan SELALU booting dalam Safe Mode. Jika ingin kembali beroperasi normal. Jalankan msconfig kembali dan uncheck pada pilihan Safe boot. Lengkapi proses dan restart PC dan kita akan kembali ke lingkup Windows 8 yang normal.
Booting Windows 8 Ke Safe Mode ketika PC Tidak/Belum Berjalan.
Inilah yang sedikit membutuhkan trik. Karena akan mengalami trial and error (dan pastinya butuh kesabaran) untuk menjalankan ‘recovery mode’ Windows recovery mode ‘Windows 8 saat baru dihidupkan. Yang Perlu dilakukan, melewati splash screen BIOS, tahan tombol Shift dan berulang kali tekan tombol F8 . Lakukan sampai kita dapatkan recovery mode, tetapi mungkin akan membutuhkan beberapa kali percobaan sebelum mencapainya.
Saat Recovery screen muncul, click pada tombol pilihan advanced repair. Pada layar selanjutnya, tekan tombol Troubleshoot.IMG_0124
Pada menu troubleshoot, klik option Advanced, dimana terletak Windows Startup Settings.20121212-100339
Layar selanjutnya akan menanyakan untuk merestart PC, setelahnya akan terlihat layar Advanced Boot Option yang familiar – sama seperti di Windows XP dan kita bisa memilih Safe Mode disini.
Tidak jelas mengapa Microsoft menyamarkan sesuatu yang sangat berguna seperti Safe Mode begitu dalam dan rumit dengan berbagai layar, tetapi sekarang bukanlah suatu masalah, karena fitur itu ada, dan masih dapat menggunakannya karena kita tahu dimana harus mencari fitur tersebut.
 
 
sumber : http://rizkynovi99.blogspot.com
Description: Cara Masuk Safe Mode Pada Windows 8
Rating: 4.5
Reviewed by: arief ready
On: 21.45
Diberdayakan oleh Blogger.
TOP