Macam-macam Tipe Server Di Jaringan

Halo sobat,,kali ini saya akan berbagi info tentang Tipe-Tipe Server Jaringan...
Sebuah server di jaringan pada umumnya meng-host lebih dari satu layanan. Jika spesifikasi teknis dari komputer server tidak memadai, server bisa di-share di berbagai komputer dan tidak di satu komputer saja. Berikut ini merupakan tipe-tipe server yang lazim ada di jaringan berbasis client-server:

File Server 
Tugas file server adalah untuk memberikan ruangan bagi file-file sehingga bisa diakses oleh user-user di jaringan. File-file ini biasanya diletakkan di folder publik yang bisa diakses oleh tiap user jaringan. Keuntungan menggunakan file server adalah pada sentralisasinya. Karena file-file penting terletak di server maka sangat mudah bagi administrator untuk melakukan backup. Kekurangannya adalah jika server down, maka user tidak dapat mengakses file tersebut.
Print Server 
Print server digunakan sebagai tempat untuk menyediakan printer yang akan di-share ke jaringan. Printer server mengalokasikan tempat di hard disk untuk spooling sebelum dokumen dicetak ke printer. Print server juga memungkinkan semua antrian printing diarahkan ke printer. Administrator jaringan juga bisa menghapus print job tertentu jika menginginkannya.
Communication server 
Communication server memungkinkan terjadinya komunikasi antar user. Ada banyak jenis communication server, seperti mail server untuk email, dan sebagainya.

Application Server
Server aplikasi digunakan untuk menghosting aplikasi-aplikasi tertentu, seperti aplikasi database, dan juga aplikasi umum seperti aplikasi perkantoran, akuntansi, dan sebagainya. Dengan demikian, manajemen aplikasi akan lebih mudah karena letaknya terpusat sehingga apabila ada rilis terbaru, otomatis akan langsung terupdate ke seluruh komputer jaringan.
Web Server 
Web server memungkinkan pembuatan aplikasi berbasis web yang dapat diakses oleh seluruh anggota jaringan. Ada banyak web server yang tersedia di dunia, yang lazim adalah IIS (internet information services) dari Microsoft dan Apache yang bersifat open source yang biasanya jalan di Linux/Unix, walaupun Apache juga bisa di Windows.
Server lainnya 
Ada beberapa jenis server lain yang tidak memberikan layanan ke user namun sebenarnya berperan penting untuk membuat jaringan komputer. Misalnya DHCP server yang bertugas mengalokasikan IP secara statis ke komputer-komputer anggota jaringan. Selain itu ada DNS server yang bertugas menerjemahkan IP address ke nama domain yang mudah dipahami manusia.

Semoga bermanfaat,,
Sekian dan Terima kasih...


Sumber : http://rumpitekno.com
Description: Macam-macam Tipe Server Di Jaringan
Rating: 4.5
Reviewed by: Unknown
On: 15.44
Diberdayakan oleh Blogger.
TOP