Kelebihan dan kekurangan Melakukan Root pada Android

Halo sobat,,kali ini saya akan berbagi info tentang Kelebihan dan kekurangan Melakukan Root pada Android,,

           Berikut penjelasan secara garis besar dari ROOT,Apa itu Root di Android?
Root Android adalah proses pemberian hak akses penuh (tak terbatas) terhadap pengguna untuk dapat mengakses sistem OS Android dalam mode super user, dengan begitu user dapat melakukan Kustomisasi baik itu tuning performa OS, mengubah, bahkan menghapus apa saja yang ada pada sistem Android itu sendiri. jadi bagi seorang pengembang software, root dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan apa saja yang ada dalam Sistem Android.



        Karena fungsinya yang sangat membebaskan seorang user yang mungkin saja bagi seorang pengguna yang kurang memahami proses-proses yang ada dan dapat memberikan resiko terhadapa OS menjadi tidak stabil, misalkan saja salah menghapus file-file sistem penting, maka tidak heran pengembang Android tidak memberikan akses Root secara default sejak anda membeli perangkat android tersebut.

- Kelebihan Root pada Android
  1. Mendapatkan Hak Akses SuperUser
    Ya, Sebagai pemilik Android kita tidak ingin penjelajahan kita pada Android terhenti karena Hak Akses dibatasi, dengan melakukan Root kita dapat leluasa melakukan utak-atik pada Android.
  2. Dapat Meningkatkan Performance
    Mungkin ada yang tidak percaya dengan yang satu ini, tapi telah saya buktikan sendiri bahwa Root Android dapat meningkatkan Performa pada Android, dengan Root Android pengguna dapat meningkatkan kemampuan Processor pada Android anda.
  3. Hak untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD
    Mungkin jika anda pernah mencoba memindahkan Aplikasi kedalam SDCARD dalam keadaan belum di Root pasti akan muncul Notifikasi "Failure/Failed". Namun jika sudah di Root, tidak akan ada lagi yang dapat menghentikannya, karena kita sudah mendapatkan Hak Akses penuh. Untuk memindahkan Aplikasi ke SDCARD bisa menggunakan Aplikasi yang bernama Link2SD atau Gemini App Manager.
  4. Lebih Mengatahui Seluk-Beluk Android
    Ya, Secara sadar atau tidak kita sudah menambah ilmu serta pengalaman dalam menjelajahi manisnya Android, karena dengan melakukan proses root kita dituntut untuk menelusuri bagian dalam dari tubuh Android itu sendiri.
- Kekurangan Root pada Android
  1. Menghilangkan Garansi Android Anda
    Android yang sudah di Root memang menyenangkan, tapi sebagai konsekuensinya garansi pada Android kita harus musnah. Kenapa begitu? Karena dengan melakukan Root, kita sudah tidak menggunakan pengaturan bawaan pabrik yang sudah dibuat sedemikian rupa. Jadi coba pikir-pikir dulu sebelum melakukan Root.
  2. Masalah Keamanan Pada Android
    Ya, melakukan Root Android ibarat memecat semua satpam yang ada pada Android kita. Tapi meskipun begitu, sekarang sudah banyak Vendor Antivirus ternama yang sudah menyusup kedalam perangkat Android seperti Bitdefender, Kaspersky, ESET, Avast dan AVG yang bisa kita gunakan untuk menambal keamanan yang sempat hilang.

       Jadi kesimpulan yang bisa diambil ialah, proses Root Android sangatlah berguna bagi seseorang terutama bagi pengembang untuk memiliki control penuh terhadap OS Android pada Tablet PC/Handphone yang di milikinya untuk di kustomisasi, namun di lain sisi resiko dapat muncul bila tidak dilakukan secara hati-hati dan digunakan oleh orang minim pengetahuan akan Sistem pada Android.
Nah,,itulah tadi sedikit info dari saya tentang Kelebihan dan kekurangan Melakukan Root pada Android,,
Sekian dan terima kasih
Description: Kelebihan dan kekurangan Melakukan Root pada Android
Rating: 4.5
Reviewed by: Unknown
On: 14.50
Diberdayakan oleh Blogger.
TOP