Makalah Kenakalan Remaja
KENAKALAN REMAJA
Guna memenuhi tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Guru Pembimbing :
Shofiah, S.Pd
Disusun oleh
1. Farisan Ahmad Amir
2. Dedy Setiawan Aziz
3. Bangun Bagas Kara
4. M. Arief
5. Akbar Amir Budianto
6. Nur Haqiqi
7. Agus Sopan hadi
8. Iing Gamar
______________________________________________________________________
SMK NEGERI 01 TAPEN
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Alamat : Jl. Jurang Sapi Telp.(0291)434971 Bondowoso 68287
Website : www.Petikmakna.blogspot.com e-mail : Arief.cool20@yahoo.co.id
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat , karunia dan
hidayahNya kepada kita semua sehingga akhirnya tugas karya tulis ini
dapat terselesaikan.Shalawat serta salam senantiasa tercurah pada Nabi
Muhammad SAW beserta para pengikutnya yang setia menemani hingga akhir
zaman.
Tugas karya tulis yang diberi judul “ Kenakalan Remaja
” ini ialah suatu karya tulis yang terbentuk dari hasil kerja sama
kelompok dimana tugas ini merupakan prasyarat dari aspek penilaian mata
pelajaran Bahasa Indonesia.
Dalam
penyelesain karya tulis ini , penulis banyak mengalami kesulitan ,
terutama disebabkan oleh kurang spesifiknya informasi yang didapatkan
penulis karena hanya mengandalkan pengamatan dilingkungan sekitar
sebagai bahan penyusun karya tulis.Pada akhirnya karya tulis ini dapat
diselesaikan meskipun masih terdapat banyak kekurangan.
Penyusun
karya tulis ini tak lepas dari dukungan dan bantuan dari berbagai
pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan
terima kasih kepada:
1. Ibu Syarofis, S.Pd selaku guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia.
2. Teman-teman seperjuangan kelompok 2
3. Semua
pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah banyak
membantu,baik selama penyusunan tugas ini maupun di luar itu.
Semoga Allah SWT selalu mencurahkan rahmat dan karunia-Nya serta keridhoan-Nya kepada kita semua , amin.
Penulis
menyadari bahwa tugas karya tulis ini masih banyak memiliki
kekurangan.Oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun ,
penulis harapkan untuk kemajuan masa-masa mendatang.
Harapan penulis semoga penulis tugas karya tulis ini dapat diambil manfaatnya oleh pembaca.
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman Judul.
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan Penulis
1.3 Ruang Lingkup
1.4 Sumber Data
1.5 Metode
BAB II. Pembahasan dan Isi
2.1. Pengertian Kenakalan Remaja
2.2. Jenis-jenis kenakalan remaja
2.3. Penyebab terjadinya kenakalan remaja
2.4. Gejala-gajala yang dapat memperlihatkan hal-hal yang
mengarah kepada kenakalan remaja.
2.5. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja
BAB III. Penutup
a. Simpulan
b. Saran
Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Permasalahan
Tumbuh kembang remaja pada zaman sekarang sudah tidak bias lagi
dibanggakan. Perilaku kenakalan remaja saat ini sulit diatasi. Baru-baru
ini sering kita dengar berita ditelevisi maupun di radio yang
disebabkan oleh kenakalan remaja diantaranya tawuran , pemerkosaan yang
dilakukan oleh pelajar SMA , pemakain narkoba dan lain-lain.
Kehidupan remaja pada masa kini mulai memprihatinkan. Remaja yang
seharusnya menjadi kader-kader penerus bangsa kini tidak bias lagi
menjadi jaminan untuk kemajuan Bangsa dan Negara. Bahkan perilaku mereka
cenderung merosot. Oleh karena itu , kami sebagai remaja berpendidikan
yang sadar bahwa kenakan remaja harus segera dihilangkan , mengangkat
permasalahan ini sebagai bahan karya tulis kami.
1.2 Tujuan Penulisan
Pada dasarnya tugas ini dibuat sebagai wujud dari pertanggung jawaban
kami atas tugas yang diberikan oleh guru pengampu sebagai syarat untuk
memenuhi aspek penilaian mata pelajaran Bahasa Indonasia.
Selain itu tugas ini juga ditujukan untuk :
1. Memahami pengertian kenakalan remaja
2. Mengetahui
penyebab kenakalan remaja dan gejala-gejala yang dapat memperlihatkan
hal-hal yang mengarah pada kenakalan remaja serta untuk memahami hal-hal
yang perlu diperhatikan untuk menanggulangi kenakalan remaja.
1.3 Ruang Lingkup
Dari hasil pengamatan terhadap lingkungan sekitar mulai dari siswa
–siswa yang ada disekolah.,dan sisw-siswa yang tinggal di sekitar
lingkungan rumah.
1.4 Sumber Data
1.4.1. Tinjauan pustaka tentang kenakalan remaja melalui web internet
1.4.2. Pengamatan langsung terhadap perilaku kenakalan remaja.
1.5 Metode
Dalam menulis Karya Tulis Ilmiah ini penulis menggunakan
metode pengamatan di lingkungan sekitar dan kajian pustaka untuk
mendapatkan data informasi.
.
BAB II
PEMBAHASAN DAN ISI
Masa kanak-kanak, remaja, dewasa, dan kemudian menjadi
orangtua, tidak lebih hanyalah merupakan suatu proses wajar dalam hidup
yang berkesinambungan dari tahap-tahap pertumbuhan yang harus dilalui
oleh seorang manusia. Setiap masa pertumbuhan memiliki ciri-ciri
tersendiri. Masing-masing mempunyai kelebihan dankekurangan. Demikian
pula dengan masa remaja. Masa remaja sering dianggap sebagai masa yang
paling rawan dalam proses kehidupan ini. Masa remaja sering menimbulkan
kekuatiran bagi para orangtua. Masa remaja sering menjadi pembahasan
dalam banyak seminar. Padahal bagi si remaja sendiri, masa ini adalah
masa yang paling menyenangkan dalam hidupnya. Oleh karena itu, para
orangtua hendaknya berkenan menerima remaja sebagaimana adanya. Jangan
terlalu membesar-besarkan perbedaan. Orangtua para remaja hendaknya
justru menjadi pemberi teladan di depan, di tengah membangkitkan
semangat, dan di belakang mengawasi segala tindak tanduk si remaja.
Remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa. Para ahli
pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia antara 13
tahun sampai dengan 18 tahun. Seorang remaja sudah tidak lagi dapat
dikatakan sebagai kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk
dapat dikatakan dewasa. Mereka sedang mencari pola hidup yang paling
sesuai baginya dan inipun sering dilakukan melalui metoda coba-coba
walaupun melalui banyak kesalahan. Kesalahan yang dilakukan sering
menimbulkan kekuatiran serta perasaan yang tidak menyenangkan bagi
lingkungan dan orangtuanya. Kesalahan yang diperbuat para remaja hanya
akan menyenangkan teman sebayanya. Hal ini karena mereka semua memang
sama-sama masih dalam masa mencari identitas. Kesalahan-kesalahan yang
menimbulkan kekesalan lingkungan inilah yang sering disebut sebagai kenakalan remaja.
2.1. Pengertian Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari
norma-norma hokum pidana yang dilakukan oleh remaja.Perilaku tersebut
akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.
Definisi kenakalan remaja menurut para ahli :
· Kartono,ilmuan sosiologi
Kenakalan remaja atau dalam bahasa inggris di kenal dengan istilah
juvenile delinquency merupakan gejala patologis pada remaja di sebabkan
oleh satu bentuk pengabaian social.
· Santrock
“kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang
tidak dapat di terima secara social hingga terjadi tindakan criminal.”
2.2. Jenis-jenis kenakalan remaja
1. Kenakalan remaja di sekolah
Misal :
a. Tidak masuk sekolah tanpa keterangan.
b. Meninggalkan sekolah pada saat jam pelajaran.
c. Membawa senjata tajam ketika sekolah.
2. Kenakalan remaja di luar sekolah(masyarakat)
Misal :
a. Ikut balapan tiar antar geng.
b. Ikut tawuran antar geng.
c. Minum minuman keras.
d. Mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba dan lain sebagainya.
3. Kenakalan remaja di lingkungan keluarga
Misal :
a. Tidak mendengarkan nasehat orang tua.
b. Tidak mentaati perintah orang tua.
c. Melanggar norma yang telah di sepakati bersama keluarga.
2.3. Penyebab terjadinya kenakalan remaja
Perilaku nakal remaja bias di sebabkan oleh factor dari remaja itu sendiri (internal)maupun dari luar (eksternal)
· faktor internal :
1) Krisis identitas
Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan
terjadinya dua bentuk intregasi.pertama,terbentuknya persaan akan
konsistensi dalam kehidupannya.ke dua,tercapainya identitas
peran.kenakalan remaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa
intregasi ke dua.
2) Kontrol diri yang lemah
Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang
dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada
perilaku “nakal”.
· Factor eksternal :
1) Keluarga
Percerain orang tua , tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga ,
atau perselisian antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif
pada remaja.pendidikan yang salah di keluarga juga bisa mempengaruhi
seperti terlalu memanjakan anak , tidak memberikan pendidikan agama ,
atua penolakan terhadap eksistensi anak , bisa menjadi penyebab
terjadinya kenakalan remaja.
2) Teman sebaya yang kurang baik.
3) Komunitas / lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.
2.4. Gejala-gajala yang dapat memperlihatkan hal-hal yang mengarah kepada kenakalan remaja
1. anak-anak tidak disukai oleh taman-temannya sehingga anak tersebut menyendiri.
2. Anak-anak yang saring menghindarkan diri dari tanggung jawab di rumah atau sekolah.
3. Anak-anak
yang sering mengeluh dalam arti bahwa mereka mengalami masalah yang
oleh dia sendiri tidak sanggup mencari permasalahannya.
4. Anak-anak yang suka berbohong.
5. Anak-anak yang tidak sanggup memusatkan perhatian.
6. Anak-anak yang mengalami phobia dan gelisah dalam melewati batas yang berbeda dengan ketakutan anak-anak normal.
7. Anak-anak yang suka menyakiti / mengganggu teman-temannya disekolah atau dirumah.
2.5. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja.
1. Kegagalan yang mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladana.
2. Adanya motifasi dari keluarga , guru , teman sebaya untuk melakukan point pertama.
3. Kemauan
orang tua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga
yang harmonis , komunikatif , dan nyaman bagi remaja.
4. Remaja
pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orang tua member
arahan dengan siapa dan dikomunitas mana remaja harus bergaul.
5. Remaja
membentuk ketahanan diri agar tidak terpengaruh jika ternyata teman
sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.
BAB III
SIMPULAN dan SARAN
3.1 Simpulan
1) Pada
dasarnya kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari
norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut
akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang disekitarnya.
2) Kenakalan
remaja pada zaman sekarang ini disebabkan oleh beberapa factor.
Perilaku nakal remaja disebabkan oleh factor remaja itu sendiri
(internal) maupun factor dari luar (eksternal).
3) Remaja
harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang
telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil
memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini.
4) Adanya motivasi dari keluarga , guru , teman sebaya merupakan hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja.
5) Anak-anak
yang tidak disukai oleh teman-temannya anak tersebut menyendiri. Anak
yang demikian akan dapat menyebabkan kegoncangan emosi.
3.2 Saran
1) Perlu
adanya tindakan-tindakan dari pemerintah untuk mengawasi tindakan
remaja di Indonesia agar tidak terjerumus pada kenakalan remaja.
2) Perlunya penanaman nilai moral , pendidikan dan nilai religious pada diri seorang remaja.