Ciri-ciri Hardisk Rusak

Ciri Ciri Hardisk Rusak wajib kita ketahui agar kita tetap waspada untuk selalu membackup file-file penting yang ada di dalam hardisk komputer atau laptop kita. Banyak sekali orang yang belum mengetahui gejala atau ciri-ciri hardisk laptop/komputer yang rusak. Untuk itu hari ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai ciri-ciri hardisk yang rusak sehingga sobat dapat segera memberikan pertolangan pertama sebelum data teman-teman yang ada didalamnya akan hilang.

Kerusakan HDD tidak melulu diartikan kerusakan pada fisik hardisk saja, namun juga bisa terjadi Karena Software : Penyebab kerusakan disini bukan disebabkan oleh kerusakan fisik, bisa saja karena suatu sistem yang error, misalnya : Bad Sector, bad shadow, bad cluster, dll. sedangkan kerusakan fisik itu biasanya terjadi pada kabel yang sudah jelek, ada bagian yang terbakar dlsb.
dan berikut ini adalah ciri-ciri kerusakan hardisk yang dapat sobat indikasi dari beberapa faktor di bawah ini :
  1. Loading HDD sangat lambat  meskipun LED blinking menandakan ada aktifitas pembacaan, tapi blinking berulang-ulang, tanda ada bad sector.  indikasi ini juga biasanya terlihat saat setup OS baru beberapa tahap sudah tidak terdeteksi sampai  munculnya blue screen.
  2. Komputer menjadi lambat, layaknya terkena virus. Komputer sangat lambat ketika mengeksekusi suatu perinah dari user. Berdasar pengalaman saya, banyak orang yang mengira hal ini disebabkan oleh virus, namun ketika OS di instal ulang. ternyata hasilnya sama saja! maka dapat dipastikan bahwa ada yang error dengan hardware komputer sobat, dan kemungkinan besar ada pada hardiks jika terjadi kondisi sepeti ini.
  3. Munculnya suara-suara aneh dari hardisk. Ketika anda menyadari sesuatu yang aneh dengan komputer anda, tidak ada salahnya untuk mencoba mendengarkan aktifitas yang terjadi di CPU sobat! kerusakan pada hardisk biasanya mengeluarkan suara-suara aneh. saya sendiri tidak bisa menggambarkan suara aneh itu, namun biasanya terdengar seperti berderit, atau bersiut.
  4. Banyaknya file yang korup di dalam hardisk anda bisa jadi indikasi bahwa ada kejanggalan dihardiks sobat! maksud dari korupnya file ini bukan korup dari awalnya! namun sebelumnya file itu baik-baik saja! namun ketika terjadi ke err0\oran dalam hardisk file normal pun bisa korup.
  5. Salah satu hal yang menjadi pertanda nyata dari kerusakan harddisk adalah bad sector. Jika di dalam harddisk Anda terdapat banyak bad sector, maka Anda harus segera menyelamatkan data Anda sebelum semuanya rusak. Anda dapat melakukan sendiri pengecekan terhadap bad sector ini melalui aplikasi bawaan yang ada di Windows. Pada Windows 7, buka Start > Computer kemudian klik kanan pada hard disk atau partisi yang ingin Anda periksa. Setelah itu pilih Properties dan masuk ke tab Tools kemudian pilih Check now. Pada window Checking Disk, centanglah opsi Automatically fix file system errors
Mungkin beberapa hal diatas yang dapat saya berikan kepada anda mengenai ciri-ciri hardisk yang rusak! namun jika anda ingin cara yang lebiih mudah untuk mengecek kerusakan pada hardware anda anda dapat menggunakan beberapa aplikasi yang dapat sobat gunakan untuk mengecek ke erroran pada hardware komputer sobat.

Terdapat beberapa aplikasi yang dapat memprediksi kapan harddisk Anda akan rusak. Aplikasi tersebut bekerja dengan membaca data S.M.A.R.T. (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology) yang dicatat oleh sistem operasi. Akan tetapi seperti beberapa halnya beberapa metode yang lain, metode SMART ini juga tidak selalu dapat meprediksi kerusakan harddisk dengan sempurna. Pasalnya, terkadang harddisk sudah terlebih dahulu rusak sebelum aplikasi SMART ini memberitahu atau memperingatkan Anda.


sumber : http://ie-usa.blogspot.com
Description: Ciri-ciri Hardisk Rusak
Rating: 4.5
Reviewed by: Unknown
On: 21.41
Diberdayakan oleh Blogger.
TOP